PERBEDAAN KECEMASAN IBU HAMIL SEBELUM DAN SETELAH MELAKUKAN PRENATAL YOGA

Hapsari Windayanti, Widayati Widayati, Wahyu Kristiningrum

Abstract


Yoga adalah cara untuk mempersiapkan persalinan yang menitikberatkan pada pengendalian otot, teknik pernapasan, relaksasi dan ketenangan pikiran. Teknik relaksasi dapat dilakukan dengan membayangkan sesuatu yang menyenangkan dapat membuat tubuh menjadi relaks. Prenatal yoga yang dilakukan secara teratur dapat menciptakan kesehatan fisik, menghadirkan ketenangan dalam pikiran dan batin. Berlatih yoga dan meditasi secara teratur pada masa hamil akan menjalin komunikasi yang harmonis antara calon ibu dan buah hatinya. Perubahan fisik yang terjadi selama masa hamil akan memengaruhi kehamilan yang tidak nyaman, sehingga ibu merasakan kecemasan dalam menjalani kehamilannya. Berlatih yoga pada masa ini merupakan salah satu solusi yang bermanfaat sebagai media self help yang akan mengurangi ketidaknyamanan/kecemasan selama hamil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan prenatal yoga terhadap kecemasan ibu hamil. Sampel yaitu ibu hamil trimester 3 di Studio Senam “Qita Yoga”. Metode penelitiannya termasuk eksrperimen semu (Quasi Experimental), data berdistribusi tidak normal maka menggunakan uji wilcoxon. Hasil yang didapatkan yaitu nilai p value sebesar 0,000 yang berarti Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kecemasan ibu hamil sebelum dan setelah melakukan prenatal yoga. Saran untuk ibu hamil yaitu prenatal yoga bisa mengurangi kecemasan pada ibu hamil.

Keywords


Prenatal yoga, Kecemasan ibu hamil

Full Text:

PDF

References


Prawirohardjo S. Ilmu Kebidanan Sarwono Prawirohardjo. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.; 2020.

Spielberger CD. Anxiety and Behavior. New York: Academic Press; 1966.

Padilla. Keperawatan maternitas. Yogyakarta: Nuha Medika; 2014.

Cahya R. Faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan ibu hamil. Karya tuliis ilmiah. Semarang.; 2011.

Hanifah D, Utami S. Factors of Antenatal Anxiety. Midwifery Journal. 2019;5(01):77–88.

Wiknjosatro H. Ilmu Kandungan. Edisi II cetakan 5. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo; 2020.

Mandagi DVV. Perbedaan tingkat kecemasan pada primigravida dan multigravida di RSIA Kasih Ibu Manado. Skripsi. Manado; 2013.

Ni Nengah Susanti. Psikologi Kehamilan. Jakarta: EGC; 2008.

Stoppard M. Buku pintar kehamilan dan persalinan modern,. Yogyakarta: Quills Book Publishers; 2008.

Bribiescas S. Yoga in Pregnancy. International Journal Childbirth Education. 2013;99–102.

Williams-Orlando C. Yoga therapy for anxiety : A case report. 2013.

Khalsa, S. B., Butzer, B., Shorter, S., Reinhardt, K., & Cope S. Yoga reduces performance anxiety in adolescent musicians. Alternative Therapies. (19):34–44.

Bala K. Pregnancy & Yoga [Internet]. 2012. Tersedia pada: www.midwiferytoday.com

Carpenito LJ. Buku saku diagnose keperawatan. Jakarta: EGC; 2007.

Maimunah. Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan Pertama. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. 2011;

Rusmita E. Pengaruh Senam Hamil Yoga Terhadap Kesiapan Ibu Hamil Menghadapi Persalinan Di RSIA Limijati Bandung. Jurnal Ilmu Keperawatan. 2015;3(2):80–6.

Mediarti, D., Sulaiman, Rosnani J. Pengaruh Yoga Antenatal Terhadap Pengurangan Keluhan Ibu Hamil Trimester III. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan. 2014;1(1):47–53.

Ashari, Gbariellyn, Sura Pongsibidang AM. Pengaruh Senam Prenatal Yoga terhadap Penurunan Kecemasan Ibu Hamil Trimester III Influence of Yoga Prenatal Gym to Decreasing in Anxiety of Third Trimester Pregnant Women. Jurnal Media Kesehatan Masyarakat Indonesia [Internet]. 2019;15(1, Maret):55–62. Tersedia pada: http://journal.unhas.ac.id/index.php/mkmi/article/view/5554

Aswitami NGAP. Pengaruh Yoga Antenatal Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Ibu Hamil Tw Iii Dalam Menghadapi Proses Persalinan Di Klinik Yayasan Bumi Sehat. Jurnal Kesehatan Terpadu. 2017;1(1):1–5.

Rafika R. Efektifitas Prenatal Yoga terhadap Pengurangan Keluhan Fisik pada Ibu Hamil Trimester III. Jurnal Kesehatan. 2018;9(1):86.

Puji lestari, Risma Aliviani Putri MDL. Pengaruh Kombinasi Prenatal Yoga dan Senam Hamil Terhadap Tingkat. Indonesia Journal Midwifery. 2019;2(September):72–8.

Wulandari P, Retnaningsih D, Aliyah E. Pengaruh Prenatal Yoga Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Ibu Primigravida Trimester II dan III di Studio Qita Yoga Kecamatan Semarang Selatan Indonesia. Ejournal Keperawatan [Internet]. 2018;9(1):25–34. Tersedia pada: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/keperawatan/issue/view

Ashari A, Pongsibidang GS, Mikhrunnisai A. Pengaruh Senam Prenatal Yoga terhadap Penurunan Kecemasan Ibu Hamil Trimester III. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia. 2019;15(1):55.

Enggar E, Gintoe HL. Pengaruh Yoga Kehamilan Terhadap Pengurangan Keluhan Fisik Ibu Hamil Trimester III. Voice of Midwifery. 2019;9(1):796–805.

Jatnika G, Rudhiati F, Nurwahidah A. Pengaruh Prenatal Yoga Terhadap Tingkat Stres Pada Ibu Primigravida Trimester III . Kedokteran Dan Kesehatan. 2016;3(3):139–45.

Gupta, N. C., Baldassarre, F., & Vrkljan B. A systematic review of yoga for state anxiety : Considerations for occupational therapy. Journal Occup Ther Can. 2013;150–70.

Jacobson E. You Must Relax. London.: Unwin Paperbacks; 1976.




DOI: https://doi.org/10.36409/jika.v5i2.105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.