HUBUNGAN POLA ASUH TERHADAP PENGETAHUAN SEKSUAL REMAJA

Nella Valen Ika Puspita

Abstract


Masa transisi mencari jati diri dari anak menjadi remaja perhatian dan peran orang tua sangat diperlukan karena selain menentukan karakter dan kepribadian anak di masa mendatang juga membantu beradaptasi pada perubahan – perubahan yang terjadi pada masa ini termasuk perubahan seksual pada masa remaja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan pengetahuan seksualitas remaja. Metode: Penelitian ini menggunakan deskriptif analitik, pendekatan Cross sectional. Sampel yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah sampel jenuh sehingga jumlah sampel sama dengan jumlah populasi yang berjumlah 77 responden. Instrument penelitian kuesioner dan analisa data menggunakan Chi Square. Hasil:sebagian besar siswa mendapatkan pola asuh demokratis yaitu sebanyak 65 siswa (84.4 %), otoriter 9 siswa (11.7 %) dan paling sedikit pola asuh yang didapatkan adalah permisif yaitu sebanyak 3 siswa (3.9 %). sebagian besar siswa mempunyai pengetahuan baik yaitu sebanyak 65 siswa (84.4%), cukup 7 siswa (9.1%) dan paling sedikit mempunyai pengetahuan kurang sebanyak 5 siswa (6.5 %). Kesimpulan: terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan pengetahuan seksual remaja kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Sleman Yogyakarta.

Keywords


Pola Asuh, Pengetahuan seksual, Remaja

Full Text:

PDF

References


Adriana, Diana. 2013. Tumbuh kembang dan terapi bermain pada Anak – Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Medika.

Julianti, 2011 hubungan pola asuh orang tua dengan sikap remaja putri tentang kesehatan reproduksi di SMA Negeri 18 Medan Tahun 2011 diambil dari http://repository.usu.ac.id.

Azwar, S. 2009. Sikap manusia teori dan pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset

Lisnawati, L., & Lestari, N. S. 2015. Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku seksual remaja di Cirebon. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 3(1), 1-8.

PKBI. Kasus seksual pranikah remaja dan KTD. Semarang: PKBI Daerah Jawa Tengah, 2012-2015.

Dempster, D., Rogers, S., Pope, A.L., Snow, M. & Stoltz, K.B. 2015. Insecure parental attachment and permissiveness: Risk factors for unwanted sex among emerging adults. The Family Journal: Counseling and Therapy for Couples and Families, 23 (4), 358–367.

Arub, Lathifah. 2017. Hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku seksual remaja di SMK Negeri 1 Sewon Bantul.Universitas Aisyiyah Yogyakarta http://digilib.unisayogya.ac.id.

Amalia. Linda. 2019. Hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku seksual remaja akademi keperawatan. Jurnal Keperawatan BSI, Vol. VII No. 1 April 2019

Soetjiningsih. 2013. Tumbuh kembang anak. Jakarta: EGC.

Wulandari, I. 2010. Hubungan pola asuh demokratis dengan sikap terhadap perilaku seksual remaja. jurnal penelitian ilmu-ilmu sosial. Volume XIV Nomor 10 tahun 2010. Universitas Merdeka Malang. ISSN 1410-5326, h.320.

Marbun . 2011. Hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku seksual remaja. http:// repository. USU.ac.id

Saputri, Novi Dewi. 2015.Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku seks pranikah pada siswi kelas XI SMK Muhammadiah 2 Bantul

Maryatun dan Purwaningsih W. 2012. Hubungan pengetahuan dan peran keluarga dengan perilaku seksual pranikah pada remaja anak jalanan di Kota Surakarta. Vol 9, Nol. 2012.

Agustiawati, I. (2014. Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMAN 26 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. Repository.upi.edu.




DOI: https://doi.org/10.36409/jika.v5i2.114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.