PENINGKATAN KEMAMPUAN PRESTASI BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN SOFTSKILL MELALUI IMPLEMENTASI INOVASI PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN DALAM MATA KULIAH PENGANTAR ASUHAN KEBIDANAN AKADEMI KEBIDANAN PANTI WILASA SEMARANG

Endang Susilowati

Abstract


Tenaga bidan profesional pada tingkat Ahli Madya harus memiliki kemampuan sebagai care provider, community leader, communicator, decision maker, dan manager. Belum terintegrasinya soft skill/karakter dalam bentuk pendidikan karakter dalam setiap perkulihan. Proses pembelajaran masih menitik beratkan pada pencapaian kompetensi hard skill sehingga menjadikan lulusan kompeten di kognitifnya. Belum banyak institusi pendidikan kebidanan yang menggunakan Project Citizen menjadi salah satu metode dalam mengembangkan karakter mahasiswa. Penelitian ini tentang inovasi pembelajaran Project Citizen untuk meningkatkan kemampuan soft skill/karakter mahasiswa kebidanan dalam mata kuliah Pengantar Asuhan Kebidanan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas pada 12 mahasiswa semester II Akademi Kebidanan Panti Wilasa dalam mata kuliah pengantar asuhan kebidanan dengan pokok bahasan konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan, selama 8 minggu. Prestasi belajar mahasiswa terdapat peningkatan 66 % dan motivasi belajar 20,17%. Nilai karakter mahasiswa meningkat 66,67% pada nilai karakter mandiri, dan nilai kreatif meningkat 22,25%. Terdapat korelasi positif antara nilai-nilai karakter dengan motivasi belajar dengan kekuatan korelasi yang kuat. Tidak terdapat korelasi antara nilai-nilai karakter dengan prestasi belajar, motivasi belajar dengan prestasi belajar. Prestasi belajar, motivasi belajar karakter mandiri dan kreatif mahasiswa mengalami peningkatan. Korelasi positif dan bermakna terjadi antara motivasi belajar dengan nilai softskill mahasiswa dengan kekuatan korelasi kuat.

Keywords


project citizen, prestasi belajar, motivasi belajar, softskill

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36409/jika.v4i2.86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.