PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DALAM TATALAKSANA DIARE BALITA DI WILAYAH KALONGAN KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG

Eka Adimayanti, Siti Haryani, Ana Puji Astuti

Abstract


Latar belakang: Diare adalah penyebab utama kedua kematian balita di seluruh dunia saat ini. Salah satu penyebab hal tersebut yaitu perilaku keluarga tentang perawatan balita diare masih sangat rendah di Indonesia, oleh karena itu sangat penting agar petugas kesehatan yang memberikan perawatan balita diare perlu menginformasikan dan melibatkan keluarga dalam tatalaksana diare dan memberitahukan kepada ibu/pengasuh balita cara melakukan tatalaksana diare di tingkat rumah tangga. Pendidikan kesehatan dipandang sebagai salah satu kunci utama dari beberapa kebijakan dan strategi yang digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit diare.
Tujuan: Mengetahui perbedaan pengaruh antara pemberian pendidikan kesehatan diskusi kelompok menggunakan booklet dengan pemberian pendidikan kesehatan diskusi kelompok menggunakan poster terhadap sikap dan pengetahuan ibu dalam tatalaksana diare balita di rumah.
Metode: Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan pendekatan rancangan nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah ibu yang memiliki balita dengan rentang usia 6 bulan-5 tahun, sebanyak 60 responden. Kelompok intervensi diberikan pendidikan kesehatan diskusi kelompok menggunakan booklet, sementara kelompok kontrol diberikan pendidikan kesehatan diskusi kelompok menggunakan poster. Pemilihan sampel secara purposive dengan teknik consecutive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap. Data diolah dengan program komputer menggunakan uji statistik Kolmogorof-smirnov, paired t-test dan regresi linier.
Hasil: Terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap setelah pendidikan kesehatan pada masing-masing kelompok(p<0,05). Tidak ada perbedaan pengetahuan dan sikap antara responden yang diberi pendidikan kesehatan diskusi kelompok menggunakan booklet dan responden yang diberi pendidikan kesehatan diskusi kelompok menggunakan poster (p>0,05).
Kesimpulan: Pendidikan kesehatan diskusi kelompok menggunakan booklet dan poster terbukti memberikan pengaruh dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu dalam tatalaksana diare balita di wilayah dengan akses sarana kesehatan terbatas.

Keywords


Pendidikan kesehatan, tatalaksana diare, balita, pengetahuan dan sikap ibu

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


UNICEF. Building global capacity for the implementation of the WHO/ UNICEF intervention: care for child development. Geneva: WHO. 2013 [diunduh dari www.who.int pada tanggal 14 Maret 2015]

Kementerian Kesehatan. Profil Kesehatan 2013. Kemenkes RI: Jakarta. 2014

Profil Dinas Kesehatan Jawa Tengah. 2014 .[www.depkes.go.id/.../3322_Jateng_Kab_Semarang_2014.pdf]

Kabupaten Semarang. Perbub no. 24 tahun 2016-RKPD. Kab. Semarang 2017. Tersedia dari: [www.semarangkab.go.id/utama/images/stories/data/aksippk/.../RKPD_KabSmg_2017].

Sulisnadewi, N.L.K., Nurhaeni, N., Gayatri, D.. Pendidikan kesehatan keluarga efektif meningkatkan kemampuan ibu dalam merawat anak diare. 2011. Jurnal Keperawatan Indonesia, diakses pada tanggal 15 Juni 2017

Wardani, N.S.. Upaya meningkatkan Kreatifitas siswa dalam pembelajaran IPS SD. 2011.Melalui diskusi kelompok. Widya Sari, Vol.13, No. 1.1-2.

Nurlinda, A., Zainal, A., and Awaluddin. 2015. The Effectiveness of Counseling and Posters in Improving Maternal Nutrition Knowledge and Nutritional Status of Children Aged 24-35 Months in District Buloa Tallo Makassar. International Proceeding of Chemical, Bioligical and Environmental Engineering, Vol. 86, DOI:10.7763/IPCBEE. 2015. V 86. 11

Kumala, A.P.. Cbia-Diare Untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Ibu Dalam Tatalaksana Diare Pada Balita Di Bina Keluarga Balita (BKB) Desa Banguntapan Kabupaten Bantul. Tesis Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta. 2014.

Handayani, S. Efektivitas Metode Diskusi Kelompok dengan dan Tanpa Fasilitator pada Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Motivasi Remaja Tentang Perilaku Seks Pranikah di Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Tesis Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada : Yogyakarta. 2009.

Eliberti. Pencegahan Penyalahgunaan Napza Melalui Media Leaflet Dan Diskusi Kelompok Pada Siswa Smp Di Kota Pontianak. Tesis Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada : Yogyakarta. 2007.

Mintarsih, W. Pendidikan Kesehatan Menggunakan Booklet Dan Poster Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Di Kabupaten Tasikmalaya. Tesis Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta. 2007.

Rahmawati, E. Analisis Kebutuhan Program Promosi Pencegahan Diare Pada Anak Berusia Di Bawah Dua Tahun Studi Kasus Di Puskesmas Piyungan Kabupaten Bantul. Tesis Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta. 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.