EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG DISMINORE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI KELAS VIII SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA

Vitrianingsih Ningsih

Abstract


Abstrak
Pendidikan kesehatan adalah upaya pembelajaran kepada masyarakat agar masyarakat mau melakukan tindakan-tindakan untuk memelihara (mengatasi masalah-masalah), dan meningkatkan kesehatannya. Dismenore merupakan masalah ginekologis yang paling umum dialami wanita baik wanita dewasa maupun wanita pada usia remaja. Pendidikan kesehatan pada hakekatnya adalah suatu kegiatan atau usaha untuk menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat, kelompok atau individu. Pengetahuan merupakan domain bagi tindakan seseorang, yaitu semakin baik pengetahuan responden tentang dismenorea maka akan semakin tinggi potensi dilakukannya penanganan dismenorea. Untuk mengetahui efektifitas pendidikan kesehatan tentang dismenore terhadap pengetahuan remaja putri kelas VIII SMP Negeri 5 Yogyakarta. Jenis penelitian pra Eksperimen. Rancangan penelitian one group pre test-post test design. Metode pengambilan sampel menggunakan total sampling, 172. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat (Wilcoxon) dengan α: 0,05. Tingkat pengetahuan sebelum diberikan pendidikan kesehatan tentang disminore pada siswi kelas VIII di SMP Negeri 5 Yogyakarta cukup (70,34%). Tingkat pengetahuan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang disminore pada siswi kelas VIII di SMP Negeri 5 Yogyakarta baik (52,32%). Berdasarkan hasil uji statistik, diperoleh nilai p-value adalah 0,000<α 0,05. Pendidikan Kesehatan tentang disminore efektif meningkatkan pengetahuan remaja putri kelas VIII di SMP Negeri 5 Yogyakarta.

Keywords


Disminore, pendidikan kesehatan, pengetahuan, remaja putri.

Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


Daftar Pustaka

Lestari N. M. S. D. Pengaruh Disminore Pada Remaja 2013. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III, 2017. pp. 323-329. Jurusan Penjaskesrek, Fakultas Olahraga dan Kesehatan. 2013.

Wiyono, D. K. S., Yuli. T & Dodik. P. Pengaruh Penyuluhan tentang Disminore Terhadap Tingkat Pengetahuan Gangguan Haid Pada Siswi SMA di Kecamatan Semarang Barat. Media Medika Muda, Vol. 4 (4) Oktober 2015. pp. 565-571. UniversitasDiponerogo Semarang. 2015.

KemenKes RI. Profil kesehatan Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2015.

Suraya, C. Hubungan Pendidikan Kesehatan dengan Media Leaflet dalam Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri SMA Mandiri Palembang Terhadap Penanganan Dismenore Tahun 2014. Jurnal Kesehatan Bina Husada, Vol. 10 (3) November 2014. pp. 1-6. STIK Bina Husada Palembang. 2014.

Novitasari. Efektivitas Pe ndidikan Kesehatan Tentang Disminore Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Perempuan di Madrasah Tsanawiyah Islamiah Ciputat Tahun 2012. Skripsi. Universitas Islam Negeri Jakarta. 2012.

Sugiyono.DR. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV.Alfabeta. 2015.

Nafiroh & Indrawati. Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang Disminore pada Siswa Putri di MTS NU Mranggen Kabupaten Demak. Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol. 4(1) Desember 2013. pp. 157-166. UniversitasMuhammadiyah Semarang. 2013.

Utari, Weni, Arneliwati& R. Novayelinda. Efektifitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Keluarga Tentang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Universitas Riau Pekanbaru. 2014.

Notoatmodjo,S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta. Rineka Cipta. 2007.




DOI: https://doi.org/10.36409/jika.v3i1.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.