ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DENGAN MODEL SERVQUAL DI APOTEK

Rahajeng Fauziah Sulistyaningrum, Elia Azani, Aria Sanjaya

Abstract


Kepuasan konsumen adalah perasaan yang timbul karena adanya kesesuaian antara apa yang diharapkannya dengan apa yang diterimanya. Kualitas pelayanan yang baik dan memberi kepuasan jika jasa yang diberikan telah sesuai ataupun melampui apa yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian dengan Model servqual di Apotek Sinar Farma Salatiga. Data diperoleh dengan cara membagikan kuesioner yang telah di uji validasi kemudian diisi oleh pasien yang datang ke Apotek. Pengukuran kepuasan konsumen menggunakan 5 dimensi yaitu reliability, assurance, tangibles, empathy dan responsiveness. Berdasarkan uji validitas pada seluruh pertanyaan pada kuesioner kepusan pasien yang telah dibuat peneliti dinyatakan valid karena r hitung > r tabel (0,207). Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan pada dimensi reliability 95%, assurance 94%, tangibles 94%, emphaty 94%, responsiveness 96% dari hasil keseluruhan didapatkan rata-rata sebesar 95% menunjukkan nilai tersebut dalam kategori sangat puas, sedangkan nilai gap (kesenjangan) secara keseluruhan dengan rata-rata -0,26. Berdasarkan hasil penelitian tentang analisis kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian dengan model servqual di Apotek Sinar Farma Salatiga hasil nilai kepuasan pasien dalam kategori sangat puas.

Keywords


tingkat kepuasan; pelayanan kefarmasian; apotek

Full Text:

PDF

References


Alrosyildil, A.F. Tilngkat Kelpuasan Pellanggan Telrhadap Silstelm Pellayanan Farmasil Dil Apotelk Kilmila Farma 274 Pamelkasan. Jurnal Farmagazilnel 2020;VILIl(1):66-71.

Melntelril Kelselhatan RIl. Pelraturan Melntelril Kelselhatan Relpublilk Ilndonelsila Nomor 73 Tahun 2016 Telntang Standar Pellayanan Kelfarmasilan dil Apotelk. Jakarta: Melntelril Kelselhatan RIl.

Utamil, S. A. Zakky, C. Tilngkat Kelpuasan Pasileln Telrhadap Pellayanan Kelfarmasilan dil Apotelk Kabupateln Relmbang. Jurnal Farmasil Ilndonelsila. 2017;14(2): 54-61.

Sutrilsna, Il.N. G. Tril, Putu, A.W.G.M.P., Kadelk, D. P. Tilngkat Kelpuasan Konsumeln Telrhadap Pellayanan Relselp dil Apotelk Kilmila Farma 286 Padang Asril. Jurnal Illmilah Meldilcamelnto. 2016;2(2):34-38.

Nilkmatuzaroh, El. R. Elvaluasil Tilngkat Kelpuasan Pasileln Telrhadap Pellayanan Kelfarmasilan dil Apotelk Willayak Kota Yogyakrta Provilnsil Daelrah Ilstilmelwah Yogyakarta [Telsils]. 2018. Yogyakarta: Unilvelrsiltas Muhammadilyah Yogyakarta.

Bahelm, Nurelelyah. Analilsils Tilngkat Kelpuasan Konsumeln Telrhadap Kualiltas Pellayanan Obat Tanpa Relselp Dil Apotelk Nur Farma [Skrilpsil]. 2017. Malang: Unilvelrsiltas Ilslam Nelgelril Maulana Malilk Ilbrahilm

Narelndra M.P, Skarayadil O, Duda M, Adilrelstutil P. Analilsils Tilngkat Kelpuasan Pellanggan Telrhadap Pellayanan dil Apotelk Kilmila Farma Gatot Subroto Bandung. Kartilka Jurnal Illmu Farmasil. 2017;5(1):31–

Parasuraman, A., Zelilthaml, V.A., dan Belrry, L.L. Selrvqual : A Multilplel Iltelm Scalel for Melasurilng Consumelr Pelrcelptilon of Selrvilcel Qualilty. Journal of Reltaillilng. 1988;(64):12-40.




DOI: https://doi.org/10.36409/jika.v8i2.220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.