HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PARTISIPASI IBU DALAM KELAS IBU BALITA

Tri Puspa Kusumaningsih, Silvia Devi Anggraeni

Abstract


Kelas ibu balita merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan balita dalam bentuk tatap muka berkelompok, untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dengan menggunakan buku KIA dalam mewujudkan tumbuh kembang balita yang optimal. 1 Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan partisipasi ibu dalam kelas ibu balita. Metode penelitian ini deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan terhadap 49 ibu balita yang diambil menggunakan teknik Total Sampling. Alat ukur menggunakan kuesioner skala guttman dan absensi. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Dari hasil penelitian terdapat 53,1% responden dengan pengetahuan baik dan 55,1% responden dengan partisipasi langsung. Hasil uji statistic Chi Square diperoleh nilai p=0,002 dan nilai signifikansi p adalah 0,05 maka 0,002 ≤ 0,05. Dapat disimpulkan terdapat hubungan pengetahuan dengan partisipasi ibu dalam kelas ibu balita.

Keywords


pengetahuan, partisipasi kelas ibu balita

Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia. Kemenkes RI. H ; 131. 2018.

Soetjiningsih dan Gde R. Tumbuh kembang anak edisi 2. Jakarta : EGC. 2013.

Kartikawati, I.A., Mira, S.A dan Rita, M.L. Pengaruh kelas ibu balita terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan ibu balita dalam merawat balita di Wilayah Kerja Puskesmas Sukarasa Kota Bandung. Jurnal Kesehatan Masyarakat Surabaya. 2016.

Notoatmojo, S. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. 2012.

Arikunto, S. Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta. 2013.

Wawan A dan Dewi M. Teori & pengukuran pengetahuan, sikap dan perilaku manusia. Yogyakarta : Nuha Medika. 2010.

Usmangaji, M. Isnain. Partisipasi masyarakat pada Program Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Desa Waitina Kecamatan Mangoli Timur. Jurnal Holistik. 2016;IX(18).

Waryana. Promosi kesehatan, penyuluhan, dan pemberdayaan masyarakat. Yogyakarta: Nuha Medika. 2016.

Baroroh, I., Jannah, M., & Meikawati, P. R. Hubungan pengetahuan ibu hamil dengan keikutsertaan kelas ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Jenggot Kota Pekalongan. Journal Research Midwifery Politeknik Tegal. 2017;6(2):212–17.

Utami, V. N., & Amalia, R. Analisis kepuasan ibu bersalin di Ruang Kebidanan. Jurnal Sains Kebidanan. 2020;2(1):18–23.

Sunarti. Hubungan pengetahuan dan sikap ibu terhadap partisipasi dalam kelas ibu balita di kelurahan labibia wilayah kerja puskesmas labibia kota kendari [skripsi]. Kendari: 2018.




DOI: https://doi.org/10.36409/jika.v6i1.124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.