Petunjuk Umum

Petunjuk Umum

Jurnal Ilmiah Kesehatan Akbid Ar-Rum Salatiga sebagai sarana fasilitas sivitas akademik dalam melakukan tri darma perguruan tinggi dalam bidang penelitian. Penelitian agar dapat memberikan manfaat besar untuk orang lain maka perlu di publikasikan dan dikomentasikan dalam suatu jurnal. Jurnal Ilmiah Kesehatan Ar-Rum Salatiga  menerima berbagai artikel/ naskah berupa hasil penelitian asli yang relevan, laporan kasus, metaanalisis dengan bidang kesehatan. Seleksi naskah dimuat dalam Jurnal Ilmiah Kesehatan Ar-Rum Salatiga menggunakan sistem peer-review. Naskah yang memerlukan perbaikan dalam format ataupun substansi dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki. Naskah penelitian yag dikirim ke Jurnal Ilmiah Kesehatan Ar-Rum Salatiga harus sudah memenuhi aspek penelitian yang dapat dipertanggung jawabkan oleh penulis.

Ketentuan Khusus

1.    Ketentuan penulisan abstrak

  1. Abstrak berisi judul, penulis dan asal instansi, pendahuluan, metode, hasil, kesimpulan.
  2. Abstrak diketik dalam format MS-Word, dengan ketentuan :

1)   Jenis huruf Times New Roman ukuran 11 pt.

2)   Jarak antar baris 1 spasi.

3)   Jarak teks dari tepi atas, bawah, kiri, dan kanan kertas (margin) masing-masing 3 cm

4)   Maksimal 200 kata untuk bahasa Indonesia, dan 250 kata untuk bahasa Inggris.

5)   Abstrak ditulis ringkas dan jelas sesuai dengan format introduction, methods, result and discussion (IMRAD)

6)   Penyusunan kata kunci berdasarkan abjad dipilih 3-5 buah kata, huruf besar hanya pada awal kalimat.

7)   Penulisan abstrak bahasa Indonesia dan bahasa Inggris disusun dalam bentuk satu paragraf tanpa menjorok kedalam, tanpa menuliskan kata-kata IMRAD.

2.    Ketentuan Penulisan Artikel Ilmiah

    1. Penelitian artikel ilmiah ditulis dalam bahasa Indonesia yang berpedoman pada ejaan baru yang disempurnakan dan pedoman umum pembentukan istilah kedokteran yang berlaku.
    2. Makalah dicantumkan Penulis/Peneliti dan asal institusi
    3. Halaman judul berisi judul artikel, nama penulis dengan gelar lengkap, lembaga afiliasi penulis, serta alamat e-mail. Judul artikel singkat dan jelas dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
    4. Makalah diketik dalam format MS-Word, dengan ketentuan :

1)   Jenis huruf Times New Roman ukuran 11 pt.

2)   Jarak antar baris 1spasi.

3)   Jarak teks dari tepi atas, bawah, kiri, dan kanan kertas (margin) masing-masing 3 cm.

4)   Ditulis dalam format dua kolom (kolom koran).

  1. Gambar (foto, grafik, dan diagram) ditempatkan tidak terpisah dari naskah, maksimal 2 buah untuk setiap artikel.
  2.  Penulisan rujukan dan daftar pustaka menggunakan cara Vancouver (Vancouver style).
  3. Jumlah halaman makalah (termasuk grafik, tabel, dan daftar pustaka) maksimal adalah 8 halaman konten dan 1 halaman abstrak.
  4. Konten artikel ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian mencakup: Abstrak, pendahuluan, tujuan, tempat, rancangan, metode (bahan dan alat kerja), hasil, kesimpulan, saran.
  5. Konten artikel ilmiah yang bersumber dari telaah jurnal mencakup: Abstrak, pendahuluan, metode, pembahasan, dan kesimpulan

 

  1. 3.    Daftar Pustaka

Rujukan ditulis sesuai aturan penulisan Vancouver, diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam naskah, bukan menurut abjad. Jumlah rujukan dikutip berjangka waktu maksimal 10 tahun terakhir. Nama semua penulis dicantumkan bila jumlahnya tidak lebih dari 6 orang, apabila lebih, tulis nama 6 orang pertama selanjutnya dkk. Rujukan diupayakan 80% bersumber dari jurnal dan maksimal 20% buku ajar. Rujukan dari makalah yang sudah dikirim untuk publikasi, tetapi belum terbit dapat digunakan sebagai rujukan dengan keterangan “in press”. Penulis melampirkan halaman terdepan dari jurnal, halaman terdepan dari bab, dan halaman terdepan dari buku yang digunakan, disusun  sesusai urutan penomoran.

 

Contoh cara menulis rujukan:

 

Jurnal

Artikel Standar

Balasubramanian S, Ganesh R. Vitamin D deficiency in exclusively breast-fed infants. Indian J Med Res. 2008;10(6):250–5.

Rujukan lebih dari 6 penulis

Hosseini SE, Bagheri M, Honarparvaran N, Dowswell T, Alfirevic Z, Gates S, dkk. Investigating the effect of music on labor pain and progress in the active stage of first labor. Eur Rev Med Pharmacol Sci. 2013;17(11):1479–87.

 

Artikel tidak dalam Bahasa Inggris

Oktavia Nike Sari, Gandamiharja Supriadi, B. Akbar L. Perbandingan efek musik klasik mozart dan musik tradisional gamelan jawa terhadap pengurangan nyeri persalinan kala I fase aktif pada nulipara. MKB. 2013;45(4):218–55.

 

Organisasi sebagai sumber

ICM. International Confederation of Midwives. Essential Competencies for Basic Midwifery Practice. United Kingdom: ICM. 2013; 1–19.

 

 

 

Buku dan Monograf Lain

Penulis Perorangan

Philips. Family centered maternity and newborn care: basic text. United States of Amerika: Mosby; 2006.

 

Bab dalam Buku

Forgaty R, Brian M.  How to Intergrate of Curiccula. Dalam : Perigo H, Blake l, Margaret S, penyunting. Models of Integrating the curricula, Edisi ke-3. Corwin: Elsevier Inc. 2011. Hlm 50-62.

 

Prosiding Konferensi

Nicolai T. Homeopathy. Proceedings of the Workshop Alternative Medicines; 2011 November 30; Brussels. Belgium. Belgium: ENVI; 2011.

 

Skripsi/ Tesis/Disertasi

Rusmilati A. Model Kurikulum terintegrasi pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di di SMA Negeri 3 Madiun [tesis]. Malang: Muhammadyah; 2007.

 

Materi Elektronik

Anya SE, Hydara A, Jaiteh LES. Antenatal care in The Gambia: Missedopportunity for information, education and communication. BMC Preg Childbirth [Online Journal] 2008 [diunduh 18 Oktober 2012].Tersedia dari: http://www.biomedcentral.com.

 

Cara pengiriman artikel

Penulis mengirimkan 1 berkas hardcopy, softcopy (email) ditulis nama file disertai surat permohonan pemuatan artikel. Yang ditujukan kepada penanggung jawab redaksi.