TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG COVID-19 DI DESA MAYAHAN

Sri Untari, Laily Himawati

Abstract


Negara Indonesia sampai saat ini masih terjadi peningkatan kasus Covid-19, berdasarkan data dari gugus pengendalian Covid-19 sampai bulan november didapatkan data sebanyak 534.266 pasien terkonfirmasi positif. Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh corona virus. Penyakit yang disebabkan virus corona atau yang dikenal dengan Covid-19, adalah penyakit jenis baru yang ditemukan pada tahun 2019 dan belum pernah diidentifikasi menyerang pada manusia sebelumnya. Penyakit Covid-19 ini bisa ditekan dengan taat melakukan protokol kesehatan yaitu dengan tetap memakai masker, menjaga jarak sosial (social distancing), dan sering mencuci tangan. Pengetahuan memegang peranan yang penting dalam penentuan perilaku yang utuh karena pengetahuan akan membentuk kepercayaan yang selanjutnya dalam mempersepsikan kenyataan, memberikan dasar bagi pengambilan keputusan dan penetuan perilaku terhadap objek tertentu sehingga akan mempengaruhi perilaku. Remaja termasuk bagian dari masyarakat, keberadaanya dinilai sangat penting dalam membantu menekan penularan Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan remaja tentang Covid-19 di desa Mayahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi dengan pendekatan Cross Sectional Study. Sampel dalam penelitian ini adalah semua usia remaja (11-21 tahun) yanag tinggal di desa Mayahan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan remaja tentang Covid-19 di Desa Mayahan adalah baik sebanyak 74,32%. Kesimpulan dari hasil penelitian tingkat pengetahuan remaja tentang Covid-19 di Desa Mayahan baik.

Keywords


Pengetahuan Remaja, Covid-19, Desa Mayahan

Full Text:

PDF

References


Widiyani, R. 2020. Latar belakang virus corona, perkembangan hingga isu terkini. Retrieved from detik News: https://news.detik.com.

Mona, Nailul. 2020. Konsep isolasi dalam jaringan sosial untuk meminimalisasi efek contangius (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan. Vol. 2 No.2. Universitas Indosnesia: Program Studi Periklanan Kreatif Program Pendidikan Vokasi.

Kementerian Kesehatan.Gugus Tugas Percepatan & Penanganan Covid-19. Indonesia. 2020.

BaBe-Update Terkini Angka Covid-19 di Indonesia pada Tanggal 06 November 2020. http://share.babe.news.

Dinas Kesehatan Kab. Grobogan., (Laporan Gugus Covid-19 Kab. Grobogan. 2020.

Kepmenkes RI Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 Tentang Protokol Kesehatan di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona virus Disease (Covid-19).

Notoatmodjo S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Novita, dkk. 2014. Tingkat Pengetahuan TB Paru Mempengaruhi Penggunaan masker di Ruang Paru Rumkital Dr.Ramelan Surabaya. Jurnal Ilmiah Kesehatan Vol.7. No.12. Surabaya: STIKES Hang Tuah.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta. pp.127.

Budiman dan Riyanto. 2013. Kapita Selekta Kuesioner: Pengetahuan dan sikap dalam penelitian kesehatan. Penerbit Salemba Medika. Jakarta. pp 11-22.

Soetjiningsih. 2012. Buku ajar: tumbuh kembang remaja dan permasalahanya. Jakarta: Sagung Seto.

Sari. D, dkk. 2020. Hubungan antara pengetahuan masyarakat dengan kepatuhan pengguaan masker sebagai upaya pencegahan penyakit Covid-19 di Ngronggah. INFOKES, Vol 10 No 1, Februari 2020. ISSN: 2086-2628.https://ojs.udb.ac.id.

Siltrakool, B. 2017. Assessment of Community pharmacists’ knowledge, attitude and practice regarding non-prescription antimicrobial use and resistance in Thailand. PhD Thesis. University of Hertfordshire.

Silalahi, C., Lampus, B., Akili, R., Sam, U., Manado, R. 2013. Hubungan antara pengetahuan dan sikap perawat tentang HIV / AIDS dengan tindakan perawat terhadap penderita HIV / AIDS di Rumah Sakit Pancaran Kasih Manado. Media Kesehatan FKM UNSRAT, 46:1-5.

Zhong, B.L., Luo, W., Li H.M., Zhang, Q.Q., Liu, X.G., Li, W.T, 2020. Knowledge, attitudes, and practices towards COVID-19 among Chinese residents during the rapid rise period of the COVID-19 outbreak: a quick online cross-sectional survey. Int J Biol Sci,16(10):1745–52.




DOI: https://doi.org/10.36409/jika.v5i2.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.